KONSOLIDASI TANAH

Konsolidasi Tanah
Konsolidasi Tanah adalah kebijakan Pertanahan mengenai menata kembali penguasaan dan pengguanaan tanah serta usaha pengadaan tanah untuk kepentingan pembangunan untuk meningkatkan kualitas lingkungan dan pemeliharaan sumber daya alam dengan melibatkan parisipasi masyarakat.

Kosolidasi Tanah perlu dilakukan karena sebagian besar tanah, baik sebagai tempat unutk membangun maupun sebagai faktor produksi. Tanah pada lokasi-lokasi tertentu memerlukan penataan kembali agar dapat mendukung pembangunan dan selaras dengan RTRW.

Konsolidasi tanah bertujuan untuk memanfaatkan tanah secara optimal, seimbang dan lestari dengan meningkatkan efisiensi penggunaan tanah di wilayah perkotaan dan meningkatkan produktifitas penggunaan tanah di wilayah pedesaan. Peningkatan yang demikian itu mengarah kepada tercapainya suatu tatanan penggunaan dan penguasaan yang tertib dan teratur. Sasaran Konsolidasi Tanah terutama ditujukan pada wilayah-wilayah sebagai berikut:

» Wilayah Pedesaan.
a. Wilayah yang potensial dapat memperoleh pengairan tetapi belum tersedia jaringan irigasi.
b. Wilayah yang jaringan irigasinya telah tersedia tetapi pemanfaatannya belummerata.
c. Wilayah yang berpengairan cukup baik namun masih perlu ditunjang olehpengadaan jaringan jalan yang memadai.

Konsolidasi Tanah hakekatnya adalah kebijaksanaan pembangunan Daerah, untuk menata bagian wilayahnya yang tidak teratur menjadi teratur sesuai rencana TataRuang Daerah. Oleh karena itu lokasi konsolidasi tanah harus mendapat penetapan dari Bupati/ Walikotamadya Kepala Daerah Tingkat II.

  1. No trackbacks yet.

You must be logged in to post a comment.
%d bloggers like this: